Minggu, 17 November 2013

US Dollar, mau kemanakah dikau?

Akhir minggu memberi ruang untuk berpikir kembali, melihat-lihat sesuatu yang mungkin tersembunyi. Benarkah dollar akan turun? atau jangan-jangan sebaliknya?. Coba mari kita lihat apa yang bisa dikatakan chart kepada kita.
Chart #USDX, MN1, 2013.11.17 12:43 UTC, InstaForex Group, MetaTrader 4, Real 
Chart diatas adalah grafik index USD dengan time frame monthly. Dari chart terlihat bahwa sejak terjadi penurunan drastis dilevel 70 tahun 2007 dan rebound kembali mencapai level 90, range semakin lama semakin mengecil. Malahan sejak awal tahun 2012 sampai sekarang cuma berkisar antara level 78 sampai dengan level 85. Jadi apa yang bisa dikatakan chart kepada kita? Tidak ada, chart hanya menunjukan "ini flat". Jadi kalau kita melihatnya mau naik atau mengarah turun, itu hanya opini kita.
Apa artinya flat?, flat memberi kemungkinan sama untuk bergerak kedua arah, bisa bergerak naik atau bisa juga bergerak turun. Satu hal yang pasti hanyalah market akan keluar dari range ini. Formasi-formasi flat ini sebenarnya formasi yang paling menarik bagi spekulan untuk mendrive market, karena dalam formasi ini antara arah pergerakan fundamental dengan arah pergerakan harga bisa saja berbeda.
Sekarang mari kita lihat "bagaimana situasi 5 mata uang utama terhadap dollar?'. Dua mata uang CHF dan EUR boleh dikatakan tidak bergerak, karena antara harga pada awal tahun hampir sama dengan harga saat ini. Yang menarik adalah JPY, GBP dan AUD. Yen, sejak awal tahun sudah bergerak naik mencapai level 103.00 sekitar bulan Mei, kemudian berkonsolidasi sampai saat ini. Lebih menarik lagi Pound, turun diawal tahun hingga mencapai level 1.57 kemudian rebound kembali hingga mendekati harga awal tahun. Ketiga AUD, turun sekitar bulan Mei dari harga 1.06 sampai ke harga 0.88 kemudian koreksi.
Saya beropini "dollar bisa turun", tapi karena ini kondisi flat tidak tertutup kemungkinan opini saya salah, market bisa saja naik. Oleh karena itu saya bermimi, kalau saja seandainya saya seorang spekulan yang mempunyai kemampuan untuk mendrive pasar atau saya bahagian dari bank-bank besar yang menguasai pasar "bagaimana cara saya supaya dollar bisa terangkat naik?", bagaimana kira-kira menurut anda? Jika saya menemukan caranya berarti opini saya salah dan dollar bergerak naik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar